Saturday, January 24, 2015

FAKTOR-FAKTOR PENYEBARAN DAN PENGEMBANGAN AGAMA ISLAM


Factor-faktor yang mempengaruhi penyebaran dan pengembangan agama islam adalah sebagai berikut.

1.       Perdagangan
Para pedagang yang berasal dari berbagai negeri mendapat tempat di Indonesia dan membentuk komunitas yang disebut dengan perkampungan Pakayon, yaitu kampong yang khusus untuk para pedagang muslim. Disinilah selain mereka melakukan perdagangan juga menyampaikan ajaran silam kepada penduduk setempat.
Mengingat islam adalah agama dakwah, setiap muslim sebenarnya merupakan pedakwah. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah An Nahl Ayat 125 yang artinya “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.”

2.       Sosial dan kemasyarakatan
Salah satu faktpr proses penyebaran islam adalah dari segi sosial kemasyarakatan dalam bentuk perkawinana. Perkawinan terjadi anatara anggota masyarakat biasa ataupun bangsawan. Hal ini dikarenakan bahwa dalam islam tidak membedakan status sosial antara orang kaya atau miskin, rakyat biasa atau golongan bangsawan.
Perkawinan antara para pendatang muslim dan nonmuslim dalam sejarah penyebaran islam juga memiliki bukti yang kuat. Contohnya, perkawinan putri raja yang muslim dari Kerajaan Pasai dan putra dari Kerajaan Malaka (Parameswara) yang nonmuslim sehingga muncullah Kerajaan Malaka bercorak islam.

3.       Pengajaran

Selanjutnya penyebaran agama islam mengalami kemajuan antara lain dapat dilakukan melalui jalur pendidikan dan pengajaran, seperti sebutan pesantren di Jawa, surau di Minangkabau, dan pondok di Semenanjung Malaka. Meskipun sebagian ahli mengatakan bahwa pesantren sebagai lembaga pendidikan baru muncul pada akhir abad ke-18, tetapi sudah terdapat cerita tentang pendirian pesantren atau padepokan pada masa awal proses masuknya islam terutama di Pulau Jawa. 

1 comment:

author
Gina Lutfiana Azmi
Student of Junior High School 1 Tulungagung