Saturday, January 24, 2015

FUNGSI IMAN KEPADA HARI AKHIR DALAM KEHIDUPAN


Beriman kepada hari akhir akan memberikan nilai positif bagi kehidupan manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Adapun fungsi iman kepada hari akhir, anatar lain sebagai berikut.

1.       Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT
Jalan manusia untuk mendapatkan pertolongan Allah SWT hanyalah dengan bribadah. Ibadah yang kita lakukan tidak hanya kepada Allah SWT, tetapi juga terhadap sesama manusia, seperti menolong orang, memberi makan anak yatim, atau bertutur kata degan baik. Karena pada dasarnya setiap perbuatan yang baik adalah ibdah.

2.       Berusaha berperilaku baik
Dengan beriman kepada hari akhir, manusia akan senantiasa menjaga perilaku supaya tetap baik di lingkungan masyarakat. Karena perilaku baik berpengaruh pada pembalasan amal di akhirat kelak.

3.       Berani dalam membela dan rela berkorban
Orang yang beriman kepada hari akhir memandang bahwa kehidupan di dunia ini adalah jalan untuk mencapai kehidupan yang sebenarnya, yaitu kehidupan akhirat yang abadi. Oleh karena itu, orang tersebut tidak akan ragu-ragu dalam membela kebenaran, bahkan rela berkorban dan mati syahid untuk mencapai rida Allah SWT.

4.       Senantiasa minta ampun (istigfar) kepada Allah SWT

Orang yang meyakini adanya kiamat yang akan dialami manusia, mereka segera bertobat kepada Allah SWT sebelum kiamat itu datang. Allah SWT telah berjanji jbahwa sebesar apapun dosa yang dilakukan akan diampuni oleh Allah SWT jika ia benar-benar bertobat dengan taubatan nasuha.

No comments:

Post a Comment

author
Gina Lutfiana Azmi
Student of Junior High School 1 Tulungagung