Saturday, January 24, 2015

PERANAN SAUDAGAR MUSLIM DALAM PENYEBARAN AGAMA ISLAM


Secara historis, proses masuknya agama islam ke Indonesia belum dapat dipastikan waktunya. Beberapa sejarawan menyebutkan abad ke-7 sebagai awal masuknya islam. Akan tetapi, pendapat lain mengatakan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13. Berdasarkan penelitian para ahli, agama islam dibawa dan dikembangkan oleh para saudagar muslim dari Gujarat, Arab, dan Persia. Ajaran islam ini diterima oleh masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai utara. Dengan demikian, melalui para saudagar inilah agama islam mulai berkembang pesat yang ditandai adanya kerajaan-kerajaan islam di pesisir pantai.
Dengan berbagai upaya dan perjuangan yang dilakukan oleh para saudagar muslim tersebut, kehadiran islam di Nusantara bukan hanya berkenan di kalangan masyarakat bawah, melainkan juga telah juga telah menyentuh masyarakat kelas atas, seperti kaum bangsawan, tokoh masyarakat, kepala suku, dan para uleebalang (ketua adat).
Perjuangan para saudagar muslim tidak berhenti sampai di situ. Mereka terus berjuang dan tak kenal lelah menyebarkan nilai-nilai ajaran islam pada masyarakat hingga berhasil. Kesuksesan mereka dalam menyiarkan dan mengembangkan agama islam dapat terlihat dengan munculnya Bandar-bandar perdagangan yang besar dan sangat ramai dikunjungi oleh para pedagang dari dalam dan luar negeri.
Penyebaran islam dimuali dari pesisir kemudian tersebar ke daerah yang terletak di pedalaman. Masyarakat di pedalaman terkenal teguh pada kepercayaan dan tradisi nenek moyangnya, tetapi karena kesabaran dan kebijaksanaan mampu menarik masyarakat pedalaman untuk memeluk agam islam.


No comments:

Post a Comment

author
Gina Lutfiana Azmi
Student of Junior High School 1 Tulungagung